Home » » Cincin Talipuk Kue Unik Khas Amuntai

Cincin Talipuk Kue Unik Khas Amuntai



Kue Cincin Talipuk kuliner khas Amuntai
Mungkin sebagian dari anda sudah mengenal panganan yang sudah mahsyur, seperti Dodol Garut,Dodol Kandangan,Kue Apem Barabai atau Amplang Khas Kotabaru, Tapi apakah anda pernah tahu atau mencoba panganan unik khas Amuntai yang satu ini? “Cincin Talipuk”.
Apa itu Cincin Talipuk? bagi sebagian besar masyarakat Amuntai sudah tahu dan sering mencicipinya, Namun bagi anda yang ada diluar wilayah Kota Amuntai,Hulu Sungai Utara (HSU)mungkin terasa asing untuk didengar.

Bahwasanya Cincin Talipuk itu merupakan panganan kue “WADAI CINCIN TALIPUK”  berbeda dengan Kue cincin biasanya yang sering kita temukan dikota Banjarmasin dan kota lainnya diwilah Kalimantan Selatan.
Kue Cincin karena memang bentuknya seperti Cincin, karena bahan utamanya dari Tatanding (Sejenis tumbuhan air seperti bunga teratai) yang telah diambil buahnya seterusnya didiamkan dalam wadah yang tertutup selama beberapa hari sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan,selanjutnya dijemur sampai kering,lalu dibawa ketempat kepenggilingan samapi menjadi tepung.
Cincin talipuk mempunyai ciri khas tersendiri dari bentuk (yang menyerupai bentuk cincin/Donat mini) maupun bahan pengolahannya yaitu Tatanding(Sejenis tumbuhan air seperti bunga teratai),masyarakat Banjar umumnya menjadikan batangnya sebagai sayur dalam masakan.sedangkan penjualnya pun cuma bisa kita temui dipasar-pasar wilayah Kota Amuntai saja.
Seperti yang ditemui KalimantanView seorang Nenek paruh baya yang tidak mau disebutkan namanya, beliau sering berjualan dipasar amuntai terutama pada hari kamis.”Saya sudah lama berjualan cincin talipuk ini kurang lebih 25tahun,dari dulu berjualan cincin talipuk sampai sekarang sudah punya cucu” ungkap beliau.
Bahannya saya dapat dari penjual tepungnya(Tepung talipuk),karena proses pengolahan tepung talipuk tersebut sangatlah lama” Ungkap beliau lagi.
Terakhir ungkap beliau “Adapun bahan yang lain seperti Gula putih,gula merah(Jawa),tepung beras dan air secukupnya dicampur dengan tepung talipuk tadi yang sudah diaduk semuanya dicampur,dan seterusnya dibentuk seperti cincin atau Donat Mini terus digoreng hingga matang.
Rasa yang huhh..enak! berbeda dengan kue Cincin biasanya,Jadi Sulit untuk diceritakan rasanya,bagi anda yang mau mencobanya, datang saja ke Pasar Amuntai(HSU).
Bagi anda yang ingin membelinya,Penjual Cincin Talipuk pada hari biasa paling sedikit yang kita bisa temui dipasar amuntai,namun pada hari kamis pastilah banyak anda temukan yang menjualnya.(puracit.blogspot.com)

2 komentar:

  1. Terimakasih Artikel Cincin Talipuk Kue Unik Khas Amuntai nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Resep Kue Kering Lebaran

    ReplyDelete
  2. kalau boleh tau orang jual tepungnya dimana kira kira ?

    ReplyDelete

Blogger Widget Get This Widget